Februari 06, 2013

Cara Sederhana Membersihkan Air

Pada musim kemarau yang terjadi beberapa waktu lalu, banyak daerah yang membutuhkan air karena mengalami kekeringan walaupun ada air tetapi air tersebut tidak layak untuk di gunakan dan lokasinya sangat jauh. Cara sederhana ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena proses penyaringan.
Untuk itu masyarakat dapat menjernihkan air yang kotor menjadi layak konsumsi dengan cara sederhan. Adapun bahan dan alat yang dapat dipersiapkan yaitu :
Bahan :
- Kerikil
- Pasir
- Tanah
- Kapas
- Sabut Kelapa
- Air Kotor ( Campuran Air dan Tanah )

Alat :
2 (dua) botol aqua bekas ukuran 1 liter

Cara Prakteknya :
- Siapkan 1 botol aqua bekas, kemudian potong bagian bawahnya dan beri ukuran untuk setiap bahan yang akan dimasukkan, tetapi tutup botolnya jangan di buka
- Masukkan kapas sampai batas yang ditentukan, kemudian masukkan pasir sampai batas yang ditentukan
- Setelah itu tambahkan batu kerikil dan terakhir masukkan sabut kelapa
- Setelah semua bahan tertata dengan rapi sampai batas yang ditentukan kemudian tuangkan campuran air dan tanah perlahan sampai penuh jangan lupa buka tutup botolnya
- Siapkan 1 botol aqua bekas yang sudah dipotong bagian atasnya untuk tempat penampungan air jernihnya.
- Tunggu beberapa menit untuk mengetahui hasil air jernih yang dihasilkan, namun air tersebut tidak boleh langsung diminum karena masih mengandung bakteri dan kuman yang tidak dapat dilihat oleh kasat mata. Air tersebut harus dimasak terlebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar