September 08, 2015

Es File Explorer : Cara Transfer File Dari Android ke PC dan Sebaliknya

Mengirim file atau gambar dari Android ke PC umumnya dilakukan dengan USB tetapi sebetulnya anda pun bisa melakukan ini menggunakan Es File Explorer untuk mengambil gambar dari komputer atau mengirim file dari Android dengan mudah melalui mobile hotspot.
Pada artikel ini kami akan memberikan panduan cara mentransfer file dari Android ke pc atau sebaliknya menggunakan Es File Explorer dan mobile hotspot, berikut adalah langkahnya :
Anda akan memerlukan PC atau Laptop dengan wifi enable untuk dapat menghubungkan pc ke Android via hotspot

1. Aktifkan Tethering and Mobile Hotspot

Jika anda belum tahu cara setting hotspot di Android silahkan baca Cara Konfigurasi Hotspot di LG L70, walau beda merk tetapi pada prinsipnya sama saja dan biasanya berbeda sedikit.
Caranya seret status bar ponsel anda lalu pilih mobile hotspot, dan pastikan sampai anda mendapatkan notifikasi Wi-Fi hotspot aktif lihat gambar dibawah.
Aktifkan Tethering and Mobile Hotspot

2. Buat Folder Share Di PC

Agar dapat copy paste dari Android ke pc dengan mudah menggunakan Es File Explorer maka kita perlu membuat sebuah folder yang dishare, dan caranya sebagai berikut.
Klik kanan pada folder – Properties – Pilih Tab Sharing lalu klik Share.
Share Folder
Kemudian pilih user dan pastikan pada Permission Level harus Read/Write lalu klik Share.
share folder

3. Hubungkan PC atau Laptop ke Hotspot Android

Aktfikan Wifi di komputer atau laptop anda kemudian lakukan langkah berikut ini :
  1. Klik pada icon jaringan wifi (ada di pojok kanan bawah) sampai terlihat Wireless Network Connection yang aktif  lalu klik Connect, jika belum muncul tekan icon refresh.Hubungkan PC atau Laptop ke Hotspot Mobile
  2. Kemudian masukan password Hotspot Android anda, lalu klik OK dan setelah terhubung maka anda akan melihat tanda Connected.Hubungkan PC atau Laptop ke Hotspot Android
Pastikan anda terhubung ke SSID Hotspot Android yang telah anda buat

4. Cek IP Komputer / Laptop Yang Terhubung

Kita akan membutuhkan alamat IP komputer sebelum dapat mentransfer file dari pc ke Android menggunakan Es File Explorer, dan cara paling mudah untuk cek ip address komputer adalah melalui command prompt.
Klik Start Menu – pada kotak Search ketik cmd lalu Enter. Setelah muncul command prompt ketikan ipconfig, lalu lihat Wireless LAN adapter Wireless Network Connection – IPv4 Address, biasanya seperti ini 192.168.x.x
ip address cmd
Tetapi jika anda menggunakan hp samsung akan lebih mudah karena anda dapat melihat IP komputer yang sedang terhubug dari Tethering and Mobile Hotspot – Mobile Hotspot – lihat di Connected Devices, baris ke 3 yang diawali 192.x.x.x adalah alamat ip nya.
Cek IP Address Laptop

Jadi pada tutorial ini kami mendapatkan IP Address Laptop adalah 192.168.43.236

5. Menambahkan dan Konfigurasi LAN di Es File Explorer File Manager

Jalankan aplikasi Es File Explorer pada Android anda, lalu pilih Menu – Network – LAN. Kemudian Pilih New
Menambahkan dan Konfigurasi LAN di Es File Explorer File Manager
Isi server dengan alamat IP komputer anda, dan username serta password dengan user & password komputer anda lalu OK. Jika berhasil maka anda akan melihat komputer tersebut dan jika anda pilih / ketuk maka akan muncul daftar folder yang ada.
Konfigurasi LAN di Es File Explorer File Manager

6. Transfer File Dari Android ke PC dan Sebaliknya

Setelah mengikuti 4 langkah diatas maka anda sudah bisa copy file ke pc atau sebaliknya dari pc ke Android dengan Es File Explorer, dan berikut caranya.
Pilih file yang akan ditransfer lalu pilih Copy kemudian tentukan lokasi target (di pc) setelah itu paste.
Transfer File Dari Android ke PC dan Sebaliknya
Pastikan anda memilih lokasi folder pc yang tepat, lihat yang diawali dengan smb://
Lalu bagaimana jika ingin mengambil file, gambar, video dari pc ke Android? caranya sama seperti diatas namun pertama-tama di Es File Explorer anda browse dulu folder komputer anda lalu copy dan paste ke Android.
Itulah salah satu cara untuk transafer, copy file dari Android ke pc dan sebaliknya menggunakan fitur LAN yang ada di Es File Explorer, selamat mencoba dan jika mengalami kesulitan silahkan bertanya melalui form komentar dibawah.
Video Cara Kirim File Dari PC ke Android dan Sebaliknya Dengan Cepat Via Wifi
Bagi yang masih bingung silahkan simak video tutorial cara transfer file ke PC dari Android dengan ES File Explorer ini.

Pada video diatas ditunjukan caranya dari awal setting wifi hotspot pada HP Android, menghubungkan laptop dan copy file dari Android ke Laptop dan sebaliknya tanpa menggunakan kabel USB tetapi via wireless.
Solusi Mengatasi Server Tidak Ditemukan /Not Found Saat Scan dari ES File Explorer
Ini salah satu masalah yang sering timbul, dan penyebab yang paling umum adalah Belum membuat user dan password untuk login ke PC. Solusinya yang merupakan tipas dari MasKhairul Anwar(G+)
  • Buka Control Panel – All Control Panel Items -Network and Sharing Center –Advanced sharing settings (Pilih yang aktif Home atau Public)
  • Scroll kebawah dan lihat bagian Password protected sharing lalu pilih Turn off password protected sharing lalu Save Changes.
  • Pastikan anda sudah mengaktifkan Turn on network discovery dan Turn on file and printer sharing.mengaktifkan Turn on network discovery dan Turn on file and printer sharing
Jika anda sudah melakukan cara diatas namun tidak dapat copy file dari Android ke PC maka bisa mencoba cara ini.

Sumber : penablog.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar